iklan

Selasa, 12 September 2017

XHD atau SHD ... ????




Baru-baru ini memang lagi tren bus dengan deck super tinggi dengan daya tampung bagasi hingga bisa diisi sepeda motor. Bus-bus tersebut biasa disebut bus SHD (Super High Deck) atau XHD (Extra High Deck).
Ada yang tau perbedaan dari 2 kata tersebut, mari kita bahas..

SHD atau Super High Deck mulai tren sejak munculnya seri New Setra Jetbus dari Karoseri Adiputro di Malang Jawa timur, sebenarnya sudah ada sebelum Adiputro, tapi mulai tren sejak New Setra Jetbus SHD dirilis oleh Adiputro. mulai sejak itu bus-bus dengan deck tinggi dan menggunakan kaca double (Double Glass).






Sedangkan XHD atau Extra High Deck mulau muncul sejak karoseri Laksana merilis body tinggi yang diberinama Maxibus XHD, ini setahu saya, merupakan bus dengan deck tinggi pertama di Indonesia yang tampilan depan kacanya di Double istilah kerennya tidak pakai topi. Uniknya lagi, bodi Maxibus hanya dimiliki oleh PO Putera Mulya dengan mesin Mercedez Benz O500R.


Nah, setelah karoseri merilih bus tinggi high deck yang diberi nama Legacy SR2 XHD Prime, yang merupakan varian dari New Legacy SR2. Mungkin saat ini hanya 2 PO yang mempunya body ini yakni PO. Putera Mulya dan yang terbaru PO. Harapan Jaya yang menggunakan Chassis tebaru dari HINO yakni HINO RM380.


Kesimpulan dari apa yang dibahas tapi SHD maupun XHD itu sama-sama body bus dengan deck tinggi. yang menjadi perbedaan adalah tulisannya 😂😂😂😂 sorry, yang menjadi perbedaanya adalah XHD hanya sebutan untuk bus deck tinggi buatan karoseri Laksana, sedangkan SHD sebutan buat bus deck tinggi buatan karoseri Adiputro, Morodadi Prima, Gunung mas, Nusantara gemilang dll. intinya hanya laksana yang memakai kata XHD..
Share:

2 komentar:

Arsip Blog

Visitor

Flag Counter